Tentang

Masjid Miftahul Huda, Garut

Profil Singkat Masjid.

Masjid Miftahul Huda dibangun bersamaan dengan berdirinya Pesantren Miftahul Huda tahun 2006. Masjid Miftahul Huda berada di lingkungan Pesantren sebagai sarana ibadah untuk santri dan masyarakat sekitarnya.

Pada awalnya masjid dibangun dengan sangat sederhana dengan atap rumbia, dinding masih berbentuk bilik dan lantai masih dari bambu dan papan. Dan ketika hujan turun sering bocor sehingga menganggu ibadah santri dan masyarakat sekitar yang ingin sholat.

KEGIATAN MASJID

A. Kegiatan Masjid Miftahul Huda sama seperti masjid lain pada umumnya, yaitu untuk kegiatan sholat, sholat berjamaah, penggajian santri dan kegiatan Islami lainnya .

B. Perayaan hari Besar Islam yang rutin diadakan sejak masjid dan pesantren ini berdiri yaitu :: Perayaan 1 Muharram. Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari raya Idul Fitri, Hari Raya Idul adha (Qurban), dan Isra’ mikraj. Hal ini bertujuan : :

  • Memberikan santunan berupa Sembilan bahan pokok (sembako) kepada 500 kepala keluarga (KK) yatim piatu dan fakir miskin serta masyarakat sekitar dengan cara mengantarkan langsung kerumah-rumah yang berhak menerima manfaat sebagai bentuk memuliakan mereka.
  • Memberdayakan masyarakat lewat kerjasama dan bantuan langsung kemasyarakat sekitar pesantren.

Biaya setiap acara Hari besar Islam untuk 1 acara mencapai Rp. 82 juta dan diadakan 5 x dalam setahunnya. Hal ini sudah kami lakukan sejak Masjid ini berdiri ( 2006) hingga saat ini.

SUSUNAN PENGURUS/PANITIA PELAKSANA RENOVASI MASJID MIFTAHUL HUDA

Pembina : Ajengan Muhammad Siddiq Al-arief Tauzirie

Panitia pelaksana :

  1. Ketua : Agus Bahaji
  2. Sekretaris : Givarie Rafsanjani
  3. Bendahara : Lia Nurul Isya
  4. Seksi sarana dan Prasarana : M. Sajidin
  5. Seksi Perlengkapan Dan Logistik : Arfan Rofana

Alamat lengkap masjid

Masjid Miftahul Huda berkedudukan di -------

Kampung Bojong Nangka Rukun Tetangga 02/Rukun Warga 04 Desa Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat